Kelas Cerdas

Pendidikan modern adalah proses pembelajaran yang tersusun secara sistematika, bertujuan untuk mengisi diri dengan pengetahuan sehingga dapat mengembangkan potensinya, mampu memanajemen diri serta berjiwa besar. Berjiwa besar adalah kesiapan untuk menangani permasalahan dan mengatasinya, sehingga setiap insan dapat hidup berbahagia dengan budi pekerti yang baik.

Berjiwa besar, berbahagia dengan budi pekerti yang baik adalah target dari proses pendidikan. Tetapi sudahkah sistem pendidikan saat ini berjalan mendukung ke arah tersebut? Semakin lama seseorang mengikuti jenjang pendidikan, justru semakin takut menghadapi permasalahan.

Motivasi untuk mengembangkan potensi diri hanya dialami oleh sedikit saja oleh para sarjana terdidik saat ini. Jika kita jujur, maka kita akan temukan bahwa tujuan pendidikan saat ini lebih kepada kehidupan yang pragmatis yang dalam tanda kutip kita bisa sebut sebagai pembentukan mental kuli. Lalu dimanakah permasalahannya?

Permasalahan ketakutan secara bersama dalam masyarakat tanpa disadari melanda kehidupan jaman ini, sehingga memunculkan gagasan-gagasan instan untuk mengisi seseorang dengan pengetahuan, entah sampai pada pemahaman atau tidak. Seiring waktu maka ketakutan ini semakin kuat dan ketergesaan dalam proses pendidikan muncul secara umum.

Kelas Cerdas

Lambang Kelas Cerdas
Lambang Kelas Cerdas

Di LSM Lata Mahosadhi, kami bersama-sama belajar menemukan rumusan untuk menyelesaiakan permasalahan ini, dan akhirnya gagasan untuk memberikan motivasi dalam suasana keakraban muncul dalam bentuk “KELAS CERDAS LATA MAHOSADHI”. Bukan untuk mengatasi dan menyalahkan sistem, tetapi untuk memberikan sumbangsih kepada generasi kami untuk menemukan hakikat pendidikan sesungguhnya. Serta dengan kesungguhan kami mewujudkan kelas tersebut diharapkan mampu menjawab tantangan jaman bagi generasi muda Bali khususnya dan Indonesia secara umumnya.

Visi dan Misi Kelas Cerdas

Visi:

Mewujudkan Genarasi Manusia Baru (Neohumanisme)

Misi:

Melaksanakan pengetahuan kelas cerdas berdasarkan rasa Bakti
Menerapakan Catur Paramahita (Maitri, Karuna, Mudita, Upeksa) dalam kehidupan sehari-hari. Mengembangkan potensi diri yang dimiliki dalam kegiatan-kegiatan kelas cerdas.

Saat ini Kelas Cerdas sudah ada di beberapa tempat di Tabanan (pertemuam rutin) khususnya:
  1. Kelas Cerdas Mayungan (Kecamatan Baturiti)
  2. Kelas Cerdas Nyitdah (Kecamatan Kediri)
  3. Kelas Cerdas Gubug (Kecamatan Tabanan)
  4. Kelas Cerdas Beraban (Kec. Selemadeg Timur)
  5. Kelas Cerdas Tangguntiti (Kec. Selemadeg Timur)
  6. Kelas Cerdas Bongan Tegalmengkeb (Kec Selemadeg Timur)
  7. Kelas Cerdas Kuwum (Kecamatan Marga)
Kelas Cerdas Kunjungan (Tidak tentu)
  • Kelas Cerdas Petang ( Kabupaten Badung)
  • Kelas Cerdas Benoa ( Kota Nusa Dua)
  • Kelas Cerdas Bangah ( Kecamatan Baturiti)
  • Kelas Cerdas Lot Tunduh (Kabupaten Gianyar)
  • Kelas Cerdas Sarinbuana Wanagiri (Kecamatan Selemadeg)
Wilayah kunjungan Kelas Cerdas
Galeri kegiatan Kelas cerdas